DISNAKERINTRANS GELAR PELATIHAN PRODUK OLAHAN PANGAN BERBASIS TEPUNG MOCAF DI KECAMATAN HULU GURUNG

Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, tengah mengembangkan industri tepung singkong fermentasi atau mocaf  menjadi salah satu bahan baku kuliner khas daerah.  Tepung ini adalah hasil olahan singkong dengan cara fermentasi dan menjadi alternatif dari tepung terigu.  tepung dari singkong fermentasi ini memiliki kalsium lebih tinggi dibanding padi dan gandum, daya kembang yang sama dengan gandum tipe menengah, dan daya cerna lebih baik dibanding tapioka gaplek atau singkong yang dikeringkan.

FOTO: Sambutan sekaligus Pembukaan pelatihan Oleh Plt. Kepala DISNAKERINTRANS
FOTO: Sambutan Ketua Panitia
FOTO: Sambutan Camat Hulu Gurung

Untuk mensosialisasikan dan memaksimalkan penggunaan tepung ini, DISNAKERINTRANS melalui Bidang Perindustrian mengadakan Pelatihan Produk Pengolahan Pangan Berbasis Bahan Baku Tepung Mocaf yang dibuka pada hari Rabu tanggal 21 Agustus 2019 di Kecamatan Hulu Gurung.  Kegiatan ini dibuka oleh Plt. Kepala Dinas NAKERINTRANS Drs. Abdul Karim, M.Si. dan dihadiri oleh Sekretaris DISNAKERINTRANS, Para Pejabat Eselon III, IV dan Para Staf.  Selain itu hadir pula perwakilan dari BAPPEDA, Dinas Pertanian dan Pangan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan, BMUD PT. UKM Uncak Kapuas Mandiri, Camat Hulu Gurung, Kepala Desa Se Kecamatan Hulu Gurung, Tokoh Masyarakat Hulu Gurung, Pengurus dan anggota PKK dan Para Peserta  Pelatihan perwakilan dari 15 Desa.

Kepala Bidang Perindustrian selaku Ketua Panitia Hasnul Shabri, S.P., M.Sc. dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah: Mensosialisasikan Tepung Mocaf sebagai produk unggulan Desa Suka Maju Kecamatan Mentebah Kabupaten Kapuas Hulu; Mensosialisasikan penggunaan Tepung Mocaf sebagai bahan pangan sebagai alternatif pengganti tepung terigu; Mendukung kemandirian desa di Desa Nanga Tepuai Kecamatan Hulu Gurung; Mendukung Desa Wisata Beluan Komplek (Desa Nanga Tepuai, Desa Lubuk Antuk, dan Desa Landau Kumpang) Kecamatan Hulu Gurung; Mendukung Dusun Tanjung Harapan Desa Mubung sebagai Kampung KB di Kabupaten Kapuas Hulu.

Kepala DISNAKERINTRANS Drs. Abdul Karim, M.Si. dalam sambutannya mengatakan bahwa pemilihan tempat pelatihan didasarkan atas beberapa kriteria diantaranya untuk mendukung kemandirian desa, Destinasi wisata Beluan Komplek dan Kampung KB.  Beliau juga menyatakan bahwa tepung mocaf yang merupakan hasil olahan dari singkong adalah salah satu program yang akan dijadikan sebagai salah satu produk unggulan Kabupaten Kapuas Hulu. 

Mengakhiri sambutannya Abdul Karim berharap agar dalam pelatihan para instruktur selalu bersemangat, memotivasi dan mendampingi para peserta dengan baik.  Dan kepada para peserta, Beliau berpesan agar memperhatikan dengan seksama materi dan praktik yang diberikan para instruktur serta mengaplikasikannya setelah selesai pelatihan di tempat tinggal masing-masing, agar ilmu pengetahuan dan pengalaman yang didapat tidak sia-sia.

Camat Hulu Gurung Drs. H. Baharudin selaku Tuan Rumah tempat pelatihan mengapresiasi dan berterimakasih kepada DISNAKERINTRANS yang telah memilih Kecamatn Hulu Gurung Sebagai tempat Pelatihan.  Baharudin menegaskan bahwa Hulu Gurung sebagai kecamatan yang memiliki destinasi wisata, masyarakatnya diharapkan mampu menciptakan kuliner yang enak dan sehat sebagai oleh-oleh para wisatawan terutama kuliner yang berbahan baku tepung mocaf.